Jumat, 16 November 2012

Penyebab Anda menjadi pendiam


Kali ini saya akan membahas tentang suatu penyebab yang membuat Anda yang dulunya suka bicara tiba-tiba menjadi pendiam, lebih parah lagi menyendiri.
Semenjak kecil kita selalu punya perasaan sosialisasi, tiada hari tanpa bermain dengan teman-teman, tidak ada istilah malu, takut ataupun minder, Anda dan saya sangat PD ketika masih kecil.
Tidak ada yang mengajarkan kita harus berteman atau bersosialisasi dengan orang lain waktu itu, semua terjadi secara INSTING, perasaan sepi ketika tidak punya teman bicara atau bermain kita rasakan secara otomatis di dalam hati kecil kita saat itu.
Coba Anda ingat masa dimana Anda sangat mempunyai hasrat keluyuran sewaktu kecil, sehabis pulang sekolah Anda langsung beranjak keluar rumah mencari teman bermain, menghabiskan semua waktu dengan bersenang-senang bersama sahabat, Anda adalah mahluk yang sangat Bersosialisasi sobat.
Melihat kejadian di atas, itu berarti semua manusia pada dasarnya adalah mahluk sosial, tu berarti Anda sudah pernah belajar cara bersahabat, berbicara, bermain, bersenang-senang, dsb ketika masih kecil.
Jadi Anda sebenarnya sudah tahu bagaimana bergaul dengan orang lain, bagaimana berbicara dengan orang lain, bagaimana bersahabat dengan orang lain, TAPI entah kenapa ketika kita beranjak dewasa, kita seolah kehilangan KEAHLIAN bergaul, berbicara, bermain itu.
Semakin hari, Anda semakin menjadi pendiam, pemalu, takut ini dan itu, minder, malas, sampai-sampai hari-hari Anda di habiskan untuk menyendiri.
Apa yang terjadi dengan Anda yang sekarang?
Padahal kita tahu tidak ada manusia yang di lahirkan pendiam, semua orang sewaktu kecil suka ngomong bicara ngalur ngidul, tapi ketika beranjak dewasa kenapa bisa-bisanya Anda menjadi sosok pendiam?
Saya yakin, terkadang Anda merasa tidak nyaman dengan diri Anda yang pendiam itu, semua manusia yang mengaku dirinya pendiam ingin jago ngomong, jago meluapkan rasa dalam kata-kata, hanya saja karena mereka sudah teracuni dengan istilah bahwa dirinya memang diciptakan sebagai orang pendiam, membuat mereka tidak mau mencari tahu penyebab pendiam mereka selama ini, dan hanya puas bermimpi menjadi orang yang supel.
Penyebab inilah yang ingin saya bahas, mulai sekarang coba Anda kenali hal-hal apa yang selama ini Anda lakukan yang mengakibatkan Anda lebih suka diam daripada berbicara, karena KETIKA Anda terbiasa diam, maka lama kelamaan Anda akan jadi PENDIAM.
Ada banyak penyebab menurut saya yang bisa menjadikan kita sosok jago diam daripada berbicara, dan kali ini khusus SATU PENYEBAB yang sangat fatal plus paling banyak di temukan di jaman sekarang.
Penyebab itu adalah INTERNET.
Anda pasti kaget dan bingung, wajar saja karena saya belum menjelaskanya, jadi simak baik-baik.
Perbedaan Anda sekarang dengan Anda yang dulu (sewaktu kecil) adalah Internet, Anda yang sekarang tahu semua tentang Internet, tentang Game terbaru, punya situs sendiri yang bagus, jago chettingan dan facebookan, bahkan punya teman yang banyak di dunia maya, meskipun belum pernah sekali pun bertemu langsung.
Sedangkan Anda yang dulu sewaktu kecil, yang Anda tahu hanyalah tentang bermain, bergaul, keluyuran, dan yang penting berkumpul bersama teman-teman, Anda sangat tidak betah tinggal di dalam rumah, bagi Anda, TIDAK ADA HARI TANPA bersosial, itu karena satu-satunya HIBURAN Anda adalah dengan bersosial, Anda tidak kenal dengan yang namanya Internet, akbiatnya Anda fokus di sosial.
Sekarang, apa yang menjadi sumber hiburan Anda sewaktu kecil telah berganti, berubah dan HILANG di gantikan dengan INTERNET, semenjak mengenal Internet Anda jadi lebih suka diam di rumah, tertawa sendiri, pokoknya ANDA SIBUK SENDIRI, belum lagi kalau terkena demam Game online plus download video porno, sekarang bagi Anda TIADA HARI TANPA INTERNET, karena saat ini yang Anda tahu Internet adalah sumber dari segala HIBURAN Anda.
Akibatnya Anda lupa tentang SOSIALISASI, Anda sudah tidak ingat lagi bagaimana cara BERBICARA dan NGOMONG yang menyenangkan dengan orang lain di dekat Anda, Anda merasa bingung kalau bertemu orang banyak di dunia nyata, sekarang Dunia Nyata sangat terasa begitu ASING bagi Anda.
Semua karena Anda terbiasa menghabiskan waktu di depan INTERNET, Anda terlatih lebih banyak bicara DI DALAM PIKIRAN daripada DI MULUT ketika mengetik teks entah di blog, facebook atau chettingan, bahkan Anda sekarang lebih senang menghabiskan waktu dengan sahabat dunia maya yang bahkan tidak pernah bertemu langsung.
Itu kenapa Anda sekarang jadi LEBIH SUKA DIAM daripada NGOMONG, suka MINDER, TAKUT, MALU, GELISAH kalau berhadapan dengan orang, selain itu efeknya juga mengakibatkan PERTEMANAN DI DUNIA NYATA Anda sangat sedikit, padahal DUNIA NYATA jauh lebih bernilai (apabila Anda menyadarinya) daripada DUNIA MYA yang penuh dengan OMONG KOSONG.
Well.. Solusinya cukup mudah, mulai sekarang KURANGILAH Internet dan PERBANYAKLAH Sosialisasi di DUNIA NYATA.
Sahabatmu...

Tidak ada komentar: